Monday, February 23, 2009

Mulai Menulis Lagi

Seorang penyair tidak akan menulis bait-bait syair ketika tak ada gundah di hatinya. Musisi kritis model Iwan Fals juga tidak akan berkarya jika tak ada gulana dalam sanubari. Tidak ada balur cat di tubuh kanvas pelukis jika dia sudah mati rasa terhadap keadaan sekelilingnya. Kepekaanlah yang menuntun seorang mencipta karya. Dan, saya merasa semenjak tidak bekerja lagi sebagai wartawan, kepekaan saya menjadi surut ke belakang.

Akhir-akhir ini saya merasa berdosa saat menengok rumah lama yang satu ini. Sama sekali tidak pernah saya sentuh sejak September 2008. Genap lima bulan berlalu, tak ada pembenahan apapun pada bangunan maya ini. Banyak kawan bertanya kenapa tidak ada posting apapun di blog ini. Lama-lama saya merasa risih juga, terlebih ketika membaca tulisan saya sendiri Mandul Setelah Menikah.


Sejak menikah usai Lebaran kemarin, memang saya sangat jarang menulis untuk blog. Pernikahan memang membawa konsekuensi panjang. Awalnya adalah urusan teknis pernikahan seperti surat-surat dan pesta kecil di rumah mertua. Lalu diikuti perpindahan domisili dari Banjarmasin ke Bandung lalu ke Jogja dan Magelang. Usai itu, aktivitas berputar-putar di Banjarnegara, Kebumen dan Purbalingga. Kesibukan itu—diikuti kemalasan—akhirnya melenakan dari menulis blog. Berbagai-bagai aktivitas menumpuk ditambah tidak seringnya tangan menyentuh komputer menjadi pelengkap alasan kenapa saya tidak menulis.

Tapi, kini alasan itu ternyata hanya alasan. Persoalan intinya adalah pada kemauan dan keinginan yang makin menipis. Pada detik puncak inilah saya gelisah. Selalu ada gundukan di benak saya, berkeliar-keliar mengelilingi kepala. Seperti ular yang gelisah dalam bungkusan kain hitam pawang hujan di India. Harus keluar dan memperoleh kebebasannya.

Agaknya saya kembali menemukan keinginan dan cinta terhadap deretan huruf ini. Saya berdoa, semoga bisa tetap tuangkan pikiran melalui blog ini.[]banjarnegara, 230209 23:42

6 comments:

  1. lawas kada nulis lah Pak AMin, sibuk sekali ngurus isteri dan warung baru, hehehe

    ReplyDelete
  2. Akhirnya kangen saya terobati setelah lama g' baca tulisan Sampean...!!!
    Hah... MENIKAH......!!!!

    ReplyDelete
  3. Huehehe.. Baru nongol sampean Bung, mana..katanya mau ngenalin istrinya... rupanya pindah pindah.. denger-denger malah sibuk dengan bisnis. hahaha. enak kan bisnis?!,hehe. Malah biasanya nongol YM tengah malam (maaf ya ndak disapa, dah malam:D. (Sy dengan suami suka bergadang hingga larut malam masih OL,jadi tau gitu logh). Oiya, anak sy Mujahid, udah 3 bulan, nyusul yaa... biar bisa berjuang kelak. Semangat semangat...

    Salam hangat sekeluarga
    -Sil-

    ReplyDelete
  4. :D akhirnya nulis lagi, malas itu kan hanya alesan kita u/menghindar dari 'aktifitas' yang terlewatkan :) ttp semangat ya, pak! salam buat mbak..

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah, penulis favoritku kembali lagi
    Semangat ya !!!

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum.
    Sama mas kejadian tuh kaya suami saya, kenapa ya jadi pada males nulis. :)
    Padahal pas bujangan rajin banget...
    Salam kenal,
    aDe noeR

    ReplyDelete