Tuesday, July 29, 2008

Cita-cita Kecil si Anak Desa


Aku pernah punya cita-cita hidup jadi petani kecil
Tinggal di rumah desa dengan sawah di sekelilingku
Luas kebunku sehalaman
akan kutanami buah dan sayuran
Dan di kandang belakang rumah kupelihara bermacam-macam peliharaan

Aku pasti akan hidup tenang
jauh dari bising kota yang kering dan kejam
Aku akan turun berkebun mengerjakan sawah ladangku sendiri
dan menuai padi yang kuning bernas dengan istri dan anakku
Memang cita-citaku sederhana, sebab aku terlahir dari desa

Istriku harus cantik lincah dan gesit
tapi dia harus cerdik dan pintar
Siapa tahu nanti aku akan terpilih jadi kepala desa
kan kubangkitkan semangat rakyatku dan kubangun desaku

Desaku pun pasti mengharap aku pulang
Aku pun rindu membasahi bumi dengan keringatku
Tapi semua itu hanyalah tergantung padanya jua
Tapi aku merasa bangga setidak-tidaknya ku punya cita[*]
***
Demikian Ebiet G Ade membuat lagu. Judulnya juga sederhana, Cita-cita Kecil si Anak Desa. Isinya dan substansinya tak sesederhana judulnya. Visi besar terkandung di dalamnya. Bukan hanya cita kecil, tapi mimpi besar. Visi menjadi mandiri dan independen. Lepas dari ketergantungan penguasa modal. Menjadi petani yang makan dari hasil tanamannya sendiri.

Memang petani pun tak lepas dari kuasa modal. Coba lihat siapa yang memproduksi bibit padi? Korporasi agribisnis juga! Maka, petani harus diajari, seperti gambaran film Bisa Dewek di Indramayu, atau seperti Lelakone Menur di Wonosari Gunungkidul. Dua film itu menceritakan petani yang bisa menyatukan kekuatan dan menggali apa yang mereka miliki. Akhirnya, varietas-varietas baru lahir dari kreativitas petani sendiri. Tak perlu tergantung pabrik lagi.

Kembali ke Ebiet. Dia juga bermimpi memimpin komunitas desa. Sebuah komunitas alami yang masalah hidupnya sederhana. Walau sebenarnya kompleks juga. Tapi, Ebiet punya visi kepemimpinan. Menggelorakan semangat kemandirian warga. Membuat mereka berfikir besar. Punya mimpi yang sama dengan Ebiet?

1 comment:

  1. Cita-cita yg mulia, jarang2 ada anak muda yg di tanya cita-cita bilang mau jadi petani.
    Pemilihan fotonya Sip banget :D.

    ReplyDelete