Wednesday, February 6, 2008

Robot Anti Narkoba

“Gajahnya mana, Om?,” tanya Adit (4) kepada penjaga tiket. Anak kecil itu ingin naik robot gajah yang menjadi favorit. Enam robot binatang berjalan pelan di lorong lantai satu Duta Mall Banjarmasin. Ada gajah, zebra, onta, badak, sapi dan domba.

Ukurannya setengah dari binatang aslinya, namun sudah cukup untuk dinaiki seorang anak. “Berat penumpang maksimal 25 kilogram,” kata Anto (25), penjaga tiket di stan Yada Toys.

Pemuda itu berbaju biru lengan pendek, di punggungnya tertera tulisan “Nikmati Petualangan Yada Toys.” Yada Toys adalah perusahaan mainan yang menyewakan robot berbagai jenis binatang untuk dinaiki anak-anak. Berpusat di Jakarta dan telah membuka cabang di berbagai mall di kota besar. Untuk Banjarmasin baru di Duta Mall saja.

Ada lima orang yang biasa bertugas, mereka sibuk melayani anak-anak, sambil menjalankan robot binatang. Menurut penuturan Anto, satu hari ada 80 hingga 100 anak yang menaiki robot mereka. Bahkan pada hari Minggu atau libur, mencapai 250 anak. Harga tiket Rp 7.000 per anak untuk satu kali putaran. “Kami buka dari jam 09.30 hingga 21.30,” kata pemuda kelahiran Purwokerto ini.

Dengan dituntun seorang petugas, anak-anak menikmati pemandangan etalase toko di pojok belakang Duta Mall. Jarak putar perjalanan robot itu sekitar 100 meter.

Pada standing banner yang berdiri di samping meja penjaga tiket, tertera tulisan “70 Persen Keuntungan Bersih Yada Toys untuk Mendukung YCAB.” YCAB (Yayasan Cinta Anak Bangsa) adalah sebuah lembaga non profit yang bergerak di bidang pencegahan penyalahgunaan narkoba di Indonesia melalui pendidikan, pelatihan dan riset. “Sejak awal pendirian usaha mainan ini memang untuk menunjang program YCAB,” tegas Anto.

Mereka punya website di http://ycab.org, organisasi ini bekerjasama dengan banyak lembaga nirlaba sosial yang lain.

Raudhah, seorang ibu yang mengantarkan anaknya, mengaku tidak tahu jika sebagian keuntungan digunakan untuk program anti-narkoba. Meski banyak pengunjung yang tidak mengetahui program sosial itu, tapi langkah Yada Toys merupakan terobosan baru.[]

1 comment:

  1. Wah..
    baru tw saya..
    nice info..

    ternyata dipake bwt sosial ternyata keuntungannya..
    Hanya kurang disosialisasikan aja..
    supaya bnyk tw..
    yg naik senang,yg lain ikt senang jadinya..
    jadi terbantu..

    ReplyDelete