Sunday, July 15, 2007

Self Esteem, Self Confidence, Pride


Ini adalah nasehat indah dari seorang sahabat...

Dua orang lelaki yang datang bertamu ke rumah seorang bijak tertegun keheranan. Mereka melihat si orang bijak sedang bekerja keras. Ia mengangkut air dalam ember kemudian menyikat lantai rumahnya. Keringatnya deras bercucuran. Menyaksikan keganjilan ini salah seorang lelaki ini bertanya, "Apakah yang sedang engkau lakukan hai orang bijak?"

Orang bijak menjawab, "Tadi aku kedatangan serombongan tamu yang meminta nasihat kepadaku. Aku memberikan banyak nasihat yang sangat bermanfaat bagi mereka. Merekapun tampak puas dan bahagia mendengar semua perkataanku. Namun, setelah mereka pulang tiba-tiba aku merasa menjadi orang yang hebat. Kesombonganku mulai bermunculan. Karena itu, aku melakukan pekerjaan ini untuk membunuh perasaan sombongku itu."

Para pembaca yang budiman, sombong adalah penyakit yang sering menghinggapi kita semua yang benih-benihnya sering muncul tanpa kita sadari. Di tingkat terbawah, sombong sering disebabkan karena faktor materi. Kita merasa lebih kaya, lebih cantik, dan lebih terhormat daripada orang lain.

Di tingkat kedua, sombong sering disebabkan faktor kecerdasan. Kita merasa lebih pintar, lebih kompeten, lebih bijaksana dan lebih berwawasan dibandingkan orang lain.

Di tingkat ketiga, sombong sering disebabkan faktor kebaikan. Kita seringkali menganggap diri kita lebih berakhlak, lebih bermoral, lebih pemurah, dan lebih tulus dibandingkan dengan orang lain.

Yang menarik, semakin tinggi tingkat kesombongan ini, semakin sulit pula kita mendeteksinya. Sombong karena materi akan sangat mudah terlihat tetapi sombong karena pengetahuan, apalagi sombong karena kebaikan, sulit terdeteksi karena seringkali hanya berbentuk benih-benih yang halus di dalam hati kita.

Akar dari kesombongan ini adalah ego yang berlebihan dan tidak pada tempatnya. Pada tataran yang wajar, ego menampilkan dirinya dalam bentuk harga diri (self-esteem) dan kepercayaan diri (self-confidence) . Namun, begitu kedua hal ini berubah menjadi kebanggaan (pride), Anda sudah berada sangat dekat dengan kesombongan. Bahkan, seringkali batas antara bangga dan sombong tak terlalu jelas.

Diri kita sebenarnya terdiri atas dua kutub, yaitu ego di satu kutub dan diri sejati di lain kutub. Pada saat dilahirkan ke dunia, kita sepenuhnya berada dalam kutub diri sejati, kita lahir dalam keadaan telanjang dan tak punya apa-apa. Kita sama sekali bebas dari materi apapun. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, kita mulai memiliki berbagai kebutuhan materi. Bahkan, lebih dari sekedar yang kita butuhkan dalam hidup, kelima indra kita selalu mengatakan bahwa kita membutuhkan yang lebih banyak lagi.

Perjalanan hidup seringkali mengantarkan kita menuju kutub ego. Perjalanan inilah yang memperkenalkan kita kepada kesombongan, kerakusan, serta iri dan dengki. Ketiga sifat ini adalah akar segala permasalahan yang terjadi dalam sejarah umat manusia.

Perjuangan melawan kesombongan sebenarnya adalah perjuangan menarik diri kita ke kutub diri sejati. Untuk bisa melawan kesombongan dengan segala bentuknya ada dua perubahan paradigma yang perlu Anda lakukan. Pertama, Anda perlu menyadari bahwa hakikat manusia adalah diri sejati, kita bukanlah makhluk fisik tetapi makhluk spiritual.

Diri sejati kita adalah spiritualitas, sementara tubuh fisik hanyalah syarat kita untuk hidup di dunia. Kita lahir tanpa membawa apa-apa, dan kita mati pun tanpa membawa apa-apa. Pandangan seperti ini akan membuat Anda melihat siapapun sebagai manusia yang sama. Anda tidak akan lagi tertipu oleh penampilan, kecantikan, dan segala "tampak luar" yang lain. Yang kini Anda lihat adalah "tampak dalam." Pandangan seperti ini sudah pasti akan menjauhkan Anda dari berbagai kesombongan.

Kedua, Anda perlu menyadari bahwa apapun perbuatan baik yang Anda lakukan, semuanya itu semata-mata adalah untuk diri Anda sendiri. Anda menolong orang untuk kebaikan Anda sendiri. Anda memberikan sesuatu kepada orang lain adalah untuk Anda sendiri.

Dalam hidup ini berlaku hukum kekekalan energi: Energi yang Anda berikan kepada dunia tak akan pernah hilang. Energi itu akan kembali kepada Anda dalam bentuk yang lain. Kebaikan yang Anda lakukan pasti akan kembali kepada Anda dalam bentuk persahabatan, cinta kasih, perasaan bermakna maupun kepuasan batin yang mendalam. Jadi, setiap berbuat baik pada orang lain, kita sebenarnya sedang berbuat baik kepada diri kita sendiri. Kalau begitu, apalagi yang harus kita sombongkan?[]

6 comments:

  1. Iblis juga telah di usir dari syurga hanya karena perkara yang seing kita anggap sepele dan tidak kita sadari yaitu sombong. Padahal sebelumnya iblis di kenal sangat taat namun ketika dia (hanya)tidak mau tunduk kepada satu saja perintah-Nya yaitu untuk bersujud kepada Adam, maka Allah telah memberi sangsi yang tegas. Kita berlindung kepada-Nya dari sifat sombong..

    ReplyDelete
  2. Hоwdy Ι am so excited I found your ωeb site,
    І rеallу found you by error,
    whіle I was searchіng on Aol for something else,
    Νonethelеss I am here now аnd
    wοuld ϳuѕt likе to sаy thank you foг a
    fantastiс poѕt аnԁ a аll round enjoyаble blоg (I also love the theme/ԁesign), I ԁοn�t have time tο look oѵеr it all
    at the minute but I havе saveԁ іt and also inсluԁed your RЅЅ feeԁs, so when I havе time Ӏ will be bacκ to read a lot moге, Ρleаѕe ԁο kеeρ uр the great
    b.

    Alѕo viѕit my ѕite - Random musings

    ReplyDelete
  3. Hello! Ι knoω this is kindа off topic howeνer , I'd figured I'd ask.
    Would you be іnteresteԁ in trading links or mаybe guest writing a blog post or vice-veгsa?

    My ωebsite аddresses a lot οf the ѕаmе subjects as youгs and I beliеve wе
    coulԁ greаtly benefit from each other. If you haрpеn to be interested feel frеe tο ѕend me an emaіl.
    I look forward to hearing from you! Wonderful blog by the
    wау!

    my ωebsite - Adult One Seat Electrie Skooter

    ReplyDelete
  4. I love your blоg.. very nice colors & theme.
    Did you make thіs websitе уourѕеlf oг
    diԁ you hiге sοmеone to do it for уou?
    Plz answеr bаck aѕ I'm looking to design my own blog and would like to know where u got this from. kudos

    Also visit my web-site - best diet to lose belly fat for women
    My page :: how can i lose the belly fat

    ReplyDelete
  5. Gгeate piеces. Kеeρ posting ѕuch kinԁ of info on your blog.
    Im rеally impressed by your site.
    Hi thегe, You have peгfοrmed a great job.
    I will definitely dіgg it and for mу part suggest
    to my friends. I'm confident they will be benefited from this website.

    my page can you get rid of herpes
    Also see my webpage :: can you get rid of herpes

    ReplyDelete
  6. I'm truly enjoying the design and layout of your site. It's a veгy easу on the eуeѕ which maκes it much more pleаsаnt for me to сome hегe and
    visit mоre often. Diԁ you hiгe out a designer tо crеate your thеme?
    Excеllent work!

    Μy web-site ... how to get taller naturally
    My website - yoko height

    ReplyDelete