Thursday, July 19, 2007

Mengunjungi Jogja

Baru saja menginjakkan kaki di tanah Jogja. Kembali mengunjungi kota lama yang penuh kenangan dalam hidup saya. Separuh kedewasaan dan perkembangan pemikiran ada di kota ini. Mengenal seluk beluk pengetahuan juga di kota ini. Berkenalan dengan demosntrasi jalanan dan parlemennya juga di sini, termasuk mengenal mas Eko Prasetyo sang Muslim Kiri itu juga di sini. Semoga idealisme selalu beriring jalan dengan konsistensi.

Perjalanan tadi menaiki motor dari Purwodadi. Mampir ke Solo mengunjungi markas pergerakan KAMMI, bertemu kawan-kawan yang sibuk mengawal Pilkada Jawa Tengah besok. Hari Sabtu pagi besok, rencananya mereka akan deklarasikan sebuah aliansi yang mengawal demokrasi lokal itu. Mengumpuli para aktivis membuat geliat idealisme menyala terus, minimal atmosfer pemberontakan terhadap ketidakadilan ikut mewarnai hati ini.

Dua jam ngebut di jalanan dengan Jupiter, sampai di Prambanan dicegat polisi. Sempritan yang kuat memaksaku berbelok kembali, menaati hukum yang tegak berdiri itu. Kukira ada pemeriksaan rutin oleh Polantas. Ternyata hanya tak boleh lanjut karena ada iringan tamu negara. Rombongan panjang dengan sirine meraung itu membawa tamu dari New Zealand, kata seorang TNI yang bertubuh tambun, saat saya tanyai. Sepertinya Sri Sultan ikut serta dalam rombongan itu, lumrah saja pengawasan ketat sekali. Sepanjang jalan setiap 10 meter ada satu polisi berjaga-jaga.

Malam ini saya segera menuju Ciwawa, warnet favorit saya di Jogja. Letaknya di bilangan Gowok, samping kampus UIN Jogja. Harga standar mahasiswa dan ruangan yang berprivasi tinggi. Di sini saya merancang rencana roadshow untuk Jogjakarta. Yang jelas, silaturahmi jangan tersia-sia. Banyak saudara yang harus dikunjungi, memperpanjang umur dan memperbanyak rezeki. Kan begitu...[]

2 comments:

  1. assalamu'alaikum...lagi d jogja mas ya..wah ia mas saya juga suka ngenet di ciwawa klo lagi d jogja..ok sukses mas ya..

    ReplyDelete
  2. we.. lha ke jogja ya bro?! kok ga kabar-kabar?? btw tulisan antum bagus lho akh, kirim lagi ke e-mail saya ya!

    salam



    Okta UPN
    "May the Force with You"
    ------------------------

    ReplyDelete